Cara mudah submit blog ke google webmaster

0
96

dewa web

Google Webmaster Tool yaitu halaman yang disiapkan oleh Google untuk yang memiliki website guna melakukan kendali yang terintegrasi dengan system mereka. Didalam Google Webmaster Tool terdapat banyak feature yang bisa membantu pemilik website atau situs (blog) untuk meningkatkan kwalitas situs (blog) dari mulai jumlah indeks, jumlah pengunjung, kesehatan website hingga pada beberapa hal yang lebih spesifik seperti keyword yang dipakai pengunjung serta banyak lagi. Oleh sebab itu menjadi blogger, Anda wajib mendaftarkan situs (blog) Anda ke Google Webmaster Tool. Di bawah ini saya coba beri tips singkat bagaimana submit situs (blog) ke Google Webmaster.

Pertama buka halaman GWT : www.google.com/webmasters/tools, daftarkan diri Anda jika belum memiliki akun, pakai e-mail Gmail supaya lebih mudah tersambung ke beragam produk Google.

Selanjutyna klik tombol Tambahkan Situs

Ketikkan alamat url situs (blog) Anda lalu klik tombol Terus atau Next.

Sesudah alamat link situs (blog) Anda tambahkan, jadi Google juga akan meminta proses verifikasi untuk menunjukkan bahwa situs (blog) itu memang punya Anda. Ada 2 type verifikasi yang bisa Anda lakukan, pilihan pertama verifikasi lewat cara mengupload file html yang didapatkan oleh Google ke root domain Anda. Lalu pilihan ke-2 Anda cukup meng-copy satu susunan kode serta memasukkan kode tersebut ke situs (blog) Anda lewat dashboard. Mari kita coba pilihan verifikasi pertama terlebih dulu, klik menu tab Cara yang dianjurkan, lalu unduh file html di link yang tersedia, saya berikan lingkaran biru seperti tampak didalam gambar berikut ini. Jangan klik tombol verifikasi, Anda mesti unggah dulu file html tersebut ke root domain Anda.

Untuk meng-upload file html tersebut, Anda bisa memakai FileZilla atau memakai fitur file manager di Cpanel. Saya lebih pilih memakai FileZilla, jalankan aplikasi serta unggah file html kedalam root domain Anda. Pastikan file tersebut berada di root domain, bukan di folder atau sub folder lain.

Sesudah file ter-upload, kembali pada halaman Google Webmaster Tool selanjutnya klik tombol Verifikasi.

Jika seluruh sistem Anda kerjakan dengan benar maka system juga akan menampilkan konfirmasi bahwa verifikasi sudah berhasil.

Jika pilihan pertama sangat rumit, cobalah langkah ke-2, klik menu tab Cara Alternatif. Lalu copy kode meta name=”google-site-verification” content=”MFhUeDFGNMYmvsdfsdfsflldkfldlfdmQxoUZPpP-08″ /. Jangan click tombol Verifikasi terlebih dulu.

Buka dashboard situs (blog) Anda serta arahkan cursor ke Apperance serta click Editor.

Di bagian kanan layar computer Anda terdapat susunan file php, satu diantaranya ada file header. php, click file tersebut .

Setelah halaman selesai loading, paste kode meta yang Anda copy terlebih dulu serta tempatkan setelah kode <head> lalu click tombol Up-date File.

Kembali pada halaman Google Webmaster Tool dan click tombol Verifikasi. Bila berhasil maka system juga akan memberikan konfirmasi seperti gambar berikut ini.

Click Lanjutkan untuk memasuki dashboard Google Webmaster situs (blog) Anda.